Pengertian Gagal Ginjal Kronik dan Gagal GInjal Akut

Gagal ginjal adalah penyakit yang ditakutkan oleh kebanyakan orang, bagaimana tidak ginjal adalah organ manusia yang tidak bisa bagus lagi jika sudah rusak. Maka jika fungsi ginjal sudah rusak 100% maka tidak ada pilihan lain untuk menggunakan ginjal tersebut kecuali dengan transplantasi ginjal, cuci darah atau teknologi yang baru adalah stem cell. namun itupun sepertinya dilakukan di luar negeri dan keberhasilannya belum banyak dipublikasikan.
Disini kami akan membahas sedikit mengenai apa pengertian dari gagal ginjal kronik & akut, saya mulai dulu satu persatu :
pengertian gagal ginjal akut & kronis dan gejalanya

Pengertian gagal ginjal kronik
gagal ginjal kronis adalah penyakit yang disebabkan karena berkurang atau hilangnya fungsi ginjal, sehingga cairan, elektrolit, dan kotoran dalam tubuh yang harusnya disaring dalam ginjal bercampur dalam darah dan disebarkan ke seluruh tubuh. Pada gagal ginjal kronis perjalanannya secara bertahap. Gejala yang muncul biasanya :

  1. Perut terasa mual dan biasanya diikuti dengan muntah-muntah 
  2. Saat kencing sedikit, ada gejala urine berkurang saat kita ke belakang
  3. Tubuh terasa lelah dan lemah
  4. Malas untuk makan
  5. Jam tidur terganggu karena menjadi malas
  6. Muncul rasa gatal 
  7. Udem atau bengkak di area kaki, seperti gemuk tapi gemuk cairan.

Pengertian gagal ginjal akut
gagal ginjal akut adalah penyakit ginjal yang disebabkan karena hilangnya fungsi ginjal yang terjadi secara cepat dan tiba tiba, berbeda dengan gagal gijal kronis diatas, pada akut kejadian cepat dan ini yang menjadikan pasien biasanya tidak siap dengan kenyataan. Karena penyakit ini berjalan cepat maka darah akan cepat bercampur dengan kotoran dan elektrolit, sehingga sangat berbahaya.
Sebaiknya sesekali anda lakukan tes fungsi ginjal anda ke lab, dan untuk langkah pencegahan jangan minum obat berlebihan, seperti membeli obat tanpa resep dokter akan membahayakan ginjal anda, karena efek obat antiinflamasi itu ternyata memiliki efek samping merusak ginjal jika tidak dimimum dengan dosis yang sesuai.

0 Response to "Pengertian Gagal Ginjal Kronik dan Gagal GInjal Akut "

Post a Comment